- Rantai Nama
Tujuan
Permainan
ini dimaksudkan bagi kelompok yang belum saling kenal nama masing-masing, agar
lebih akrab, serta memberi pengalaman tampil di depan forum.
Langkah-langkah :
- Peserta
besama pemandu berdiri di dalam lingkaran
- Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
Salah seorang menyebutkan
namanya dengan suara keras agar terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta
yang berdiri di sebelahnya (kiri atau kanan) menyebutkan nama peserta pertama
tadi ditambah dengan namanya sendiri. Peserta ketiga menyebutkan nama peserta
pertama dan kedua ditambah dengan namanya sendiri, begitu seterusnya sampai
selesai.
- Proses
ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, dimulai dari peserta yang terakhir
menyebutkan rantai nama tersebut.
Variasi
Buat
lingkaran, setiap peserta secara bergiliran menyebutkan nama panggilan, umur,
tempat asal, pekerjaan, lalu peserta yang lain menirukan, begitu seterusnya
sampai selesai satu putaran.
Putaran
kedua, semua peserta mengulangi lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut,
dengan urutan seperti semula.
- Pecah Balon
Latar Belakang
Bila
peserta terlalu banyak menguras pikiran atau berdebat tanpa penyelesaian yang
memuaskan pada kegiatan sebelumya, hal ini akan sangat mempengaruhi konsentrasi
mereka untuk mengikuti kegiatan berikutnya.
Tujuan
Memberikan
kesegaran kepada peserta dengan melampiaskan emosinya.
Langkah-langkah :
- Bagikan
kepada setiap peserta sebuah balon dan seutas tali raffia (kira-kira sepanjang
2 jengkal).
- Mintalah
mereka meniup balon masing-masing.
- Mintalah
mereka mengikatkan balon tersebut di kaki kirinya.
- Mintalah
seluruh peserta berdiri di tengah ruang belajar.
- Jelaskan
kepada peserta bahwa tujuan kegiatan ini adalah memecahkan balon orang
lain sebanyak mungkin dengan cara menginjak balon-balon tersebut.
- Beri
aba-aba untuk mulai.
- Bahas
bersama peserta apa saja yang mereka rasakan, lihat dan dengar selama
kegiatan tadi. Kenapa begitu ? Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
- Sekarang
topic yang direncanakan sudah bisa dimulai.
Bahan-bahan :
Balon
dan tali raffia sebanyak jumlah peserta.
- Mengganbar Rumah
Pengantar
Latihan
ini bisa digunakan untuk mendiskusikan kerjasama dan pengawasan di dalam
kelompok. Kadang kita mengira bekerjasama dengan orang lain, padahal dalam
kenyataan kita hanya mengawasi seluruh proses, tanpa kita sadari.
Langkah – langkah
- Mintalah
peserta untuk berpasangan
- Peganglah
bolpoin / pensil bersama – sama sedemikian rupa sehingga keduanya bisa
menulis dan menggambar.
- Di
atas kertas yang dibagikan, keduanya menggambar secara bersama – sama dan
menuliskan judulnya
- Selama
menggambar dan menulis dilarang berbicara
Bahan diskusi
a. Bagaiman
perasaan dan reaksi anda selama menggambar tadi ?
b. Factor apa yang
membantu dan menghambat anda selama menggambar tadi ?
Kemudian, mintalah peserta
membentuk kelompok 4 (dua pasangan bergabung) untuk mendiskusikan apakah ada
hubungan antara pengalaman tadi dengan kenyataan sehari – hari dan masalah
kerjasama. Waktunya cukup 15 menit saja, lalu setiap kelompok kecil
mempresentasikannya di hadapan kelompok besar.
- Bermain Tali
Latar belakang
Dalam segala hal, selalu akan
kita hadapi berbagai masalah, dan kita tidak akan dapat terhindar dari masalah
itu. Melalui kegiatan ini kita akan dihadapkan dengan suatu masalah dan
bagaimana kita dapat keluar dari masalah itu.
Bahan
Tali raffia
Langkah – langkah
- Potong
tali raffia dengan ukuran 1,5 m dan bagikan kepada setiap peserta
- Minta
mereka berpasangan – pasangan, lalu masing – masing ujung tali yang satu
diikatkan ke tangan sebelah kiri. Sebelum mengikat tali yang satu lagi ke
tangan kanan, silangkan tali tersebut ke tali pasangannya, kemudian
ikatlah ke tangan masing – masing, ingat, sebaiknya iaktan tidak terlalu
kencang
- Setelah
itu minta mereka untuk dapat melepaskan diri dari ikatan tadi tanpa
melepaskan ikatan tali
- Jika
ada pasangan yang berhasil melepaskan diri dari ikatan tersebut, mintalah
mereka menunjukkan bagaimana cara mereka untuk melepaskan diri kepada
teman – teman yang lain
Tanyakan kepada mereka apa
hikmah dari permainan tersebut
- Bercermin
Latihan yang
menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam
menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yang baik.
Prosedur
:
a. Setiap
peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam
jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah
cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
b. Untuk
putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya
bersentuhan dengan lembut.
c. Pada
putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan
menuntun mengikuti bergantian.
Bahan diskusi :
1. Apa bedanya
antara ketiga pengalaman tadi ?
2. Bagaimana
perasaan anda pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi ?
3. Adakah
persamaan yang anda temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan
sehari-hari?
- Menggambar Wajah
Tujuan :
a. Membantu
peserta untuk memandang langsung ke dalam mata pasangannya, saling mengenal
cirri-ciri wajahnya, dengan harapan hal ini bisa membantu peserta untuk saling
terbuka dan tidak lagi kikuk dengan yang lainnya.
b. Melatih
peserta satu cara sederhana tentang menggambar dan menghilangkan perasaan
peserta bahwa mereka tidak mampu menggambar.
Langkah-langkah :
a. Dengan
sehelai kertas setiap pasangan saling berhadapan dan mulai menggambar wajah
pasangannya. Bisa mulai dari mana saja tetapi tidak boleh melihat kertas sama
sekali.
b. Gerakkan
tangan mengikuti arah gerak pandangannya yang menelusuri garis wajah
pasangannya.
c. Setelah
selesai menggambar, masing-masing pasangan bergantian mewawancarai pasangannya,
mengenai nama, tempat tinggal, pekerjaan, umur, keluarga dan sebagainya.
Waktunya cukup 5 menit saja untuk setiap peserta.
d. Kemudian
setiap pasangan tampil di depan kelompok memperkenalkan pasangannya dengan cara
menunjukkan gambar pasangannya sambil menyebutkan :”Nama saya…(nama
pasangannya), tempat tinggal….dan seterusnya.
- Baut Barisan
Tujuan
Agar
seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka,
sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
a. Peserta di
bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang
pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
b. Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
§ Kedua
keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba
pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
§ Pemandu
akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus
jongkok.
§ Setiap
kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan
tugasnya dengan benar.
§ Kelompok
yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat (
bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh
langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
c. Sebelum
pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah
aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
- Menggambar bersama
Latar Belakang
Sebuah
kelompok baru dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila terjadi komunikasi
antar orang-orang yang terlibat di dalamnya.
Tujuan
Peserta
menyadari arti pentingnya komunikasi dalam suatu kelompok.
Langkah-langkah :
1. Peserta
dibagi dalam kelompok kecil (5 orang) dan setiap anggota kelompok memiliki
nomor urut sendiri-sendiri dari nomor 1 sampai 5.
2. Tiap
kelompok mendapat selembar kertas plano
dan sebuah spidol untuk menggambar.
3. Secara
berurutan setiap menit, setiap orang dalam kelompok masing-masing diminta menggambar
pada kertas plano yang ada, dengan syarat : tidak boleh bertanya atau bicara
satu sama lain, setiap orang menggambar apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri,
kemudian dilanjutkan oleh yang lain pada kertas yang sama menurut apa yang
dimaui dan dipikirkan sendiri pula, dan seterusnya sampai seluruh anggota
kelompok memperoleh bagian waktunya masing-masing untuk menggambar.
Bahan Diskusi :
a. Berapa
kelompok yang mampu menghasilkan gambar yang utuh dan jelas?
b. Apa kesan
dan perasaan setiap orang terhadap hasil gambar kelompoknya?
c. Bagaimana
seharusnya proses yang ditempuh agar hasil kerja bersama itu memuaskan semua
orang dalam kelompok yang bersangkutan ?
- Mutiara Dalam Guci
Tujuan
Merangsang
kreativitas dan keberanian peserta untuk berpendapat.
Langkah-langkah :
a. Gambarlah
sebuah guci dengan berisi berbagai benda di dalamnya, di papan tulis (atau di
tempat yang bisa dilihat oleh sluruh peserta).
b. Katakan
kepada peserta bahwa itu adalah gambar sebuah guci yang berisi penuh dengan
bermacam kerilik, pecahan beling, dan batu-batu yang tidak berguna. Di bagian
dasar ada mutiara yang sangat mahal harganya.
c. Tanyakan
kepada peserta, bagaimana caranya mengeluarkan mutiara itu dalam waktu yang
singkat dan gampang.
d. Diskusikan
apa hikmah yang bisa dipetik dari permainan ini.
- Lingkaran Berbelit
Tujuan
Menyadarkan
peserta tentang pentingnya rasa 1 tim untuk memudahkan proses belajar dan
bekerja dalam kelompok.
Langkah-langkah :
a. Peserta
berdiri dalam lingkaran, lalu menjulurkan kedua tangannya ke depan. Kemudian
memegang tangan 2 peserta lainnya (missal : tangan kiri memegang tangan si A,
tangan kanan memegang tangan si B) sampai membentuk suatu belitan besar.
b. Semua
kerjasama untuk coba membentuk kembali lingkaran sempurna tanpa melepaskan
tangan yang dipegang dan tanpa berbicara.
0 Response to "KUMPULAN PERMAINAN DAN SIMULASI DINAMIKA KELOMPOK"
Post a Comment